abra kadabra

(“Selamat datang diblognya ane, moga bermanfaat”) (“Terima kasih sudah mau mampir, take care”)

selamat datang di blog sedrhana milik saya semoga berkenan di hati anda

Selasa, 12 April 2011

CS-1 bisa buat ngedrag..??? cc bisa jadi 184cc gila..!!

<< WELCOME >> selamat menikmati blog saya.. salam semangat.. keep spirit..

Lagi seputar oprek honda CS1, dan kali ini motor CS1 yang ditujukan buat balapan drag bike.  Artikel modifikasi balap Honda CS1 ini sendiri sudah pernah dimuat di Oto Plus, bulan April 2010.  Siapa tau ada yang belum sempat baca, bisa simak artikel ini sampai tuntas :)

Fenomena head swap (ganti head) kian ramai. Jika sebelumnya Honda CB100 atau GL jadi korban, 
”Lagi coba arah modifikasi extrem untuk drag.  Saat ini sedang riset Honda CS1 untuk kepentingan drag bike,” papar Hermanu yang tahu seluk beluk mesin Honda ini.
CS1 kilikan Hermanu ini pun sudah mengalami Head Swap. Bukan hanya itu, kapasitas mesin pun naik 47% dari kapasitas aslinya. Volume silinder CS1 asli yaitu 125cc, ”sekarang kapasitasnya 184cc, naik 59cc dari aslinya,” urai Hermanu mantan Instruktur Honda ini.  Kapasitas segitu didapat dari pengalian piston Tiger berdiameter 63,5mm dengan stroke 58,2mm.

Tentu mencoba kelas Bebek 4Tak sampai dengan 200cc tidak hanya modal volume mesin. Korekan kudu menunjang. Basis awal kepala silinder CS1 yang hanya 2 klep ditukar dengan Honda CBR150 dengan teknologi DOHC 4klep dalam satu silinder. Persilangan tersebut menghasilkan rasio kompresi 13,7 : 1.
Kemudian durasi kem pun turut dimainkan demi memenuhi permintaan isapan piston tiger. Kem masuk dibuat 260 derajad sedangkan noken as buang digerus sampai menghasilkan 265 derajad. ”untuk menjaga keamanan lift valve tidak dibuat terlalu tinggi, cukup 7mm dulu,” ungkap mekanik yang lagi riset vixion drag, serta spesialis CBR150 dan Satria fu150 ini.
Sementara ini CS1 DOHC 184cc ini masih mampu menempuh waktu 8,9 detik menggunakan time resmi di lintasan 201m. Target selanjutnya mencari waktu 8 detik bersih. ”tentu harus riset lagi, pelan tapi pasti.” tutupnya.


Data modifikasi

Piston Tiger ; rasio kompresi 13,7:1 ; klep masuk 25mm ;klep buang 21mm ; CDI Rextor monster ; timing 15 derajad samapi 37 derajad ; rpm 13000 ; karburator Mikuni TM34mm ; tuner hku racing motorsport.
Selain modifikasi cs1 untuk balap drag bike ini tunggu juga artikel saya selanjutnya seputar oprek yamaha v-ixion.  Oya kolom komentar juga sudah dibuka sob…  silakan post kan komentar anda disitu biar lebih semangat nulisnya ;)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

biasakan tinggalkan comment ya om om mbak mbak...

escemes gratissssss

about yang punya

Foto saya
pekalongan, jawa tengah, Indonesia
mencoba mengembangkan sayap kecil di dunia maya.. dan saya mohon bantuannnya
selamat datang para bloger ria..
bantu saya untuk tampil meramaikan dunia maya...
semangat..!!!!